Thursday, February 13, 2014

Tips dan cara merawat baterai handphone agar tetap tahan lama

Tips dan cara merawat baterai handphone agar tetap tahan lama

Tips dan Trik ala Abie - Baterai handphone atau mobile phone battery merupakan bagian utama yang berperan sebagai sumber daya untuk meng-aktifkan atau menghidupkan sebuah telepon selular. Baterai yang digunakan dalam sebuah gadget biasanya jenis Lithium-ion. Lithium-ion banyak digunakan karena beberapa hal, diantaranya memiliki kepadatan energi terbaik, tidak menggunakan efek memori serta lambatnya kehilangan isi ketika tidak digunakan. Berdasarkan kelebihan tersebut, Lithium-Ion juga digunakan oleh industri militer. Kendaraan listrik dan dirgantara juga menggunakan baterai jenis Lithium-ion sebagai sumber energi mereka.

Bagi pengguna ponsel, hal paling menyebal kan adalah baterai yang habis saat diperlukan. Bahkan yang lebih menyedihkan lagi adalah habisnya daya tidak lama setelah proses pengisian daya selesai. Inilah yang akan kita bahas sekarang, tips cara merawat baterai handphone dan mengatasi yang cepat habis.

Tips dan cara menggunakan baterai agar tahan lama

tips cara merawat baterai handphone

Tips yang pertama berlaku untuk baterai baru, yang akan dibeli. Sering kali penjual baterai hp berbuat nakal dengan memodifikasi baterai bekas sehingga nampak baru. Hal ini sering terjadi di Internet, untuk lebih memahami dan menghindarinya silahkan baca tips menghindari penipuan online.

Berkembangnya teknologi ternyata memberikan sedikit banyak pengaruh negatif di tengah masyarakat. Yang paling populer adalah modifikasi produk lama sehingga terlihat baru dan pemalsuan. Oleh karena itu, kita sebagai konsumen konsumen cerdas harus paham perlindungan konsumen.

Tips ketika membeli baterai handphone

Ketika membeli baterai handphone, hendaknya kita cermati beberapa hal berikut :

  1. Perhatika fisik: Fisik produk baterai baru dan bekas memiliki perbedaan. Perbedaan yang mudah terlihat adalah permukaan dasar produk tersebut. Jika disodorkan produk dengan permukaan cembung, kemungkinan besar itu adalah produk bekas. Pilihlah permukaan yang rata dan halus.
  2. Periksa segel: Saat ini, di Indonesia, kreatifitas tidak selalu diterapkan pada hal positif. Kreatifitas pembuatan segel pun sering kali digunakan untuk memperoleh keuntungan yang tinggi. Dengan memeriksa segel, diharapkan mampu mengurangi resiko saat membeli baterai hp.
  3. Tanyakan garansi: Biasanya produk berkualitas memberikan garansi kerusakan untuk jangka waktu tertentu. Jika memungkinkan, tanyakan garansi produk, seberapa lama garansi berlaku dan seperti apa bentuk garansi tersebut.

Menjalankan tips tersebut setidaknya mampu sedikit mengurangi resiko kita dari tindakan negatif maupun kesalahan yang mungkin kita lakukan. Saat menemukan masalah seperti yang sudah dijelaskan, kita berhak membatalkan transaksi dengan penjual.

Cara memelihara baterai baru

Setelah mendapatkan baterai baru, untuk mempertahankan kinerjanya kita perlu mengetahui cara memelihara baterai baru agar berkerja secara maksimal. Diantaranya :

  1. Melakukan pengisian pertama selama 8 jam: Langkah ini merupakan penentu kinerja baterai. Maksudnya, pengisian pertama adalah ukuran maksimal daya yang disimpan oleh baterai. Kenapa harus 8 jam dan tidak 12 jam? Mungkin karena baterai yang digunakan memiliki kapasitas sesuai untuk keperluan daya handphone, bukan untuk kendaraan listrik atau lainnya. Dalam pengisian awal, sangat dianjurkan untuk me-nonaktifkan hp.
  2. Gunakan pengisi original: Produk original adalah produk yang dibuat sesuai standar mutu yang telah ditentukan. Pengisi baterai ponsel tentu mempengaruhi kinerja baterai, nilai tegangan maupun daya yang disalurkan bisa saja tidak sesuai kapasitas penyimpanan baterai.
  3. Hindarkan dari panas berlebihan: Panas dapat menyebabkan berkurangnya kinerja. Panas dalam hal ini bisa berasal dari mesin handphone atau sumber lainnya.

Disamping banyak hal tersebut, perawatan baterai lama juga perlu di perhatikan. Bagaimana cara merawatnya?

Merawat baterai lama

Pada dasarnya kerja baterai ditentukan oleh keteraturan keluar masuk daya. Keteraturan ini bisa diciptakan melalui kebiasaan dalam menggunakan daya. Sudah terbukti bahwa ketidak teraturan menyebabkan percepatan kerusakan. Oleh sebab itu saya tuliskan tips berikut :

  1. Isi sampai penuh: Pada pengisian baterai perlu diperhatikan kapasitas pengisian. Semakin sering melakukan pengisian secara berlebih, semakin cepat pula kinerja baterai menurun. Hal ini terjadi karena ketidak sesuaian antara input daya dan kapasitas penyimpanan. Saat ini semua jenis hp sudah memiliki indikator pengisian daya. Segera lepaskan charger ketika indikator menunjukan daya sudah penuh.
  2. Gunakan daya sampai habis: Menghabiskan daya sampai batas akhir bisa menyegarkan kondisi baterai, yang berarti bahwa kinerja maksimal tetap pada tempatnya. Beberapa masukan yang saya terima menyarankan menghabiskan baterai dengan browsing atau memainkan permainan saat terdengar notifikasi baterai lemah.

Tips dan cara merawat baterai handphone agar tetap tahan lama

Sedikit catatan sebelum menutup artikel ini, saya sarankan menggunakan baterai dengan kualitas yang terjamin. Selain memiliki power yang baik, tingkat kemungkinan terjadinya kerusakan juga sangat rendah. Produk original adalah salah satu faktor yang saya tekankan.

Untuk menambah pengetahuan kita, artikel penilaian google terhadap keyword positioning telah saya buatkan. Selain itu, terkait artikel tips trik ponsel ini, tulisan kecil tentang cara bloging menggunakan handphone juga sudah tersedia. Akhir kata saya ucapkan terimakasih telah membaca artikel Tips dan cara merawat baterai handphone agar tetap tahan lama.

Baca juga : Tips dan cara profesional memulai bisnis online untuk pemula

No comments:

Post a Comment