Wednesday, February 12, 2014

Tips dan cara profesional memulai bisnis online untuk pemula

Tips dan cara profesional memulai bisnis online untuk pemula

Tips dan Trik ala Abie - Cara memulai bisnis online adalah kata kunci yang selalu hangat dicari. Mungkin karena pengetahuan tentang nilai keuntungan bisnis yang dijalankan secara online sudah menyebar ke tiap pemilik usaha offline. Faktor ini saya kira menjadi alasan banyaknya pemanfaatan teknologi internet sebagai sarana bisnis oleh pelaku usaha. Bentuk usaha yang bisa dijalankan melalui cara ini tidak memiliki batasan jenis. Apapun jenis usaha tersebut, besar atau kecil, sudah atau baru akan memulai, semuanya bisa dilakukan.

Berbagai alasan menjadi faktor yang mendasari pembangunan bisnis online. Merebut pasar online adalah alasan paling banyak yang digunakan pelaku usaha. Hal ini tidak serta merta berlaku hanya untuk usaha yang sudah terbentuk dan ingin meluaskan cakupan pasar, akan tetapi, para calon pengusaha atau yang baru akan memulai sebuah bisnis juga bisa mengawalinya melalui jalan Internet. Lalu bagaimana cara memulai bisnis online untuk pemula? Mari kita bahas lebih lanjut.

Cara memulai bisnis online

tips dan cara memulai bisnis online untuk pemula

Memulai bisnis online tidak semudah yang dibayangkan. Perlu adanya perhatian khusus untuk beberapa aspek terpenting. Perhatian terhadap aspek penting ini dimaksudkan agar lebih mudah dalam mencapai tujuan utama. Saya kira, tanpa adanya perhatian khusus, akan sulit bagi pemula menemukan apa yang mereka cari. Pemula biasanya kebingungan bagaimana cara menerapkan konsep dan strategi bisnis online, oleh karena itu saya katakan perlu adanya perhatian khusus terhadap beberapa aspek.

Konsep dan strategi bisnis online memang sudah seharusnya menjadi pemikiran utama. Pembahasan detil konsep serta strategi ini akan saya angkat pada pertemuan yang akan datang. Untuk saat ini, saya akan lebih fokus pada pembahasan tips dasar memulai bisnis online atau usaha yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi Internet untuk pemula. Lalu bagaimana cara memulai bisnis di Internet? Apa saja yang perlu dipersiapkan?

Menentukan jenis bisnis

Tips pertama yang mutlak harus diterapkan adalah menentukan jenis bisnis yang akan dijalankan dan dioptimalkan. Tanpa adanya jenis usaha, tidak akan ada proses pembentukan yang terjadi. Jika belum memiliki jenis yang akan dijalankan, maka saya sarankan :

  • Tentukan sesuai keahlian Anda.
  • Jika berbentuk penjualan produk, pastikan memiliki stok yang memenuhi (kemungkinan) permintaan.
  • Ukur kesanggupan Anda, seberapa kuat Anda memenuhi target jika bisnis Anda termasuk jenis usaha jasa.
  • Tentukan jenis usaha atau bentuk bisnis yang lebih spesifik.

Untuk bentuk usaha yang lebih spesifik, tentukan produk apa yang akan dijual atau, jasa apa yang akan ditawarkan. Sebagai contoh, produk jam tangan, tas gummy bag atau produk lingerie. Tidak berbeda dengan produk spesifik, jika berbentuk jasa juga perlu membuat penawaran jasa yang lebih spesifik. Misalnya, Asuransi kesehatan, jasa seo dan lain sebagainya. Penawaran yang lebih spesifik lebih memiliki target pasar yang jelas.

Membangun website profesional

Setelah bentuk usaha telah ditentukan, langkah selanjutnya adalah membangun website untuk sebagai identitas perusahaan di Internet. Yang perlu diperhatikan dalam membangun website perusahaan adalah profesionalisme dari berbagai aspek, diantaranya :

  • User interface atau tampilan website ketika diakses pengguna, harus mewakili bentuk usaha dan mampu memberikan kesan nyaman bagi pengakses. Bisa dipelajari melalui kriteria blog seo friendly.
  • Penyajian produk maupun bentuk penawaran lainnya berdasarkan nilai profesional, terkait hal ini silahkan baca tips menulis artikel berkualitas yang baik dan benar.
  • Mencantumkan informasi perusahaan dan layanan (Alamat, cara memesan dan menggunaka layanan dan lain sebagainya).
  • Pemilihan domain, TLD (Top Level Domain) sangat saya sarankan demi terbentuknya profesional, walaupun begitu, penggunaan domain gratis pun bisa dijadikan alternatif.

Penggunaan domain gratis bisa dilakukan hanya untuk mekakukan percobaan atau dalam tahap pembelajaran (Untuk pemula). Setidaknya itu yang saya pikir, karena jika memang serius membangun bisnis online, pemilihan domain merupakan bagian yang tidak terpisahkan untuk mendapatkan nilai profesional dari pengunjung.

Tips memulai bisnis online

Tips yang saya tuliskan tidak 100% berperan dalam kesuksesan membangun bisnis online. Kembali saya tuliskan, faktor penentu kesuksesan seseorang adalah management yang dilakukan orang tersebut terhadap dirinya sendiri.

Ketika orang mengerti bagaimana menjadi pribadi sukses, khususnya mereka yang memiliki tolok ukur bisnis online sebagai nilai kesuksesan, maka tips dan cara yang telah saya buat tersebut bisa menjadi alat dukung dalam percepatan mencapai kesuksesan. Kiat tersebut memang sederhana, bukankah kita harus mampu menyederhanakan setiap masalah? Demikianlah artikel kali ini, terimakasih atas waktu yang telah diluangkan untuk mempelajari atau sekedar membaca Tips dan cara profesional memulai bisnis online untuk pemula.

Baca juga : Tips dan cara meningkatkan pengunjung blog

No comments:

Post a Comment