Tuesday, February 11, 2014

Tips dan cara meningkatkan pengunjung blog

Tips dan cara meningkatkan pengunjung blog

Tips dan Trik ala Abie - Pengunjung blog selama ini dianggap sebagai faktor yang harus tetap dijaga bahkan harus terus ditingkatkan oleh hampir semua pengelola. Dengan adanya pengunjung, kepentingan yang terkandung di dalam sebuah blog dapat dengan mudah dicapai. Sebut saja blog yang dibuat untuk mempromosikan sebuah produk bisnis. Semua dari kita sudah mengerti maksud dari kata mempromosikan, adalah mengenalkan objek promosi kepada publik dengan metode atau cara tertentu untuk mencapai tujuan tertentu. Jika dikaitkan dengan pembahasan blog, mendatangkan dan meningkatkan pengunjung adalah tujuan pertama dari metode promosi bisnis secara online.

Visitor yang terus meningkat akan membawa dampak positif terhadap perkembangan blog. Apapun tujuan blog tersebut dibangun, visitor tetap menjadi "anak emas" bagi administrator blog. Akan tetapi, seperti yang saya tuliskan dalam artikel sebelumnya, bahwa terdapat banyak sekali konten web yang memiliki tema serupa. Hal ini menunjukan persaingan ketat yang mau tidak mau harus dihadapi jika memang benar ingin medatangkan ribuan pengunjung setiap hari bahkan per jam.

Jika kita pikir bahwa para pesaing tidak menggunakan strategi, maka bisa saya pastikan kita jauh tertinggal. Akan sulit rasanya mendatangkan visitor tanpa strategi yang tepat. Dunia internet tidak hanya diisi 1, 2 atau 3 pesaing layaknya dunia offline yang memiliki cakupan lebih kecil dari dunia online. Bagi para pemilik blog, mungkin beberapa tips ini bisa membantu mendatangkan pengunjung.

Tips mendatangkan pengunjung blog

tips cara meningkatkan pengunjung blog

Pada dasarnya mendatangkan visitor tergantung bagaimana kita menyajikan isi yang kita tawarkan. Walaupun kita sudah menjalankan tips yang saya tuliskan, hal tersebut bukan patokan bahwa pengunjung akan setia untuk bergabung menjadi pelanggan setia blog kita. Butuh "sesuatu yang lebih" untuk mengikat mereka, bukan sekedar mendatangkan lalu melepaskan kembali. Pembahasan ini akan saya angkat pada sesi berikutnya. Lalu bagaimana mendapatkan banyak visitor untuk blog kita?

Menguasai search engine

Cara pertama yang paling populer di kalangan internet marketer. Dengan cara ini kita bisa mendatangkan ribuan hingga ratusan ribu pengunjung setiap harinya. Sering saya katakan melalui beberapa artikel di blog ini bahwa :

search engine adalah jembatan terbesar yang menghubungkan antara pengguna internet dan website, termasuk blog yang kita kelola.
Begitu besar trafik yang berawal dari mesin pencari. Hal ini disebabkan oleh nilai efektivisas dan ketepatan informasi yang ditampilkan oleh mesin pencari.

Ada banyak mesin pencari saat sekarang ini, beberapa diantaranya adalah mesin pencari baru yang belum memiliki reputasi. Di era ini search engine yang menguasai adalah google, namun di beberapa negara, yahoo adalah search engine yang paling sering digunakan. Untuk menguasai hal ini, mulailah dengan mempelajari SEO (Search Engine Optimization), suatu cara menguasai search engine dengan berbagai teknik di dalamnya. Mungkin beberapa tulisan dalam kategori Artikel SEO dari saya bisa sedikit membantu.

Memanfaatkan jejaring sosial

Jejaring sosial adalah bentuk website yang dalam 7 tahun terakhir mendapatkan predikat paling sering dikunjungi. Kita ambil data pengguna Facebook, situs jejaring sosial ini telah memiliki lebih dari 1,19 pengguna aktif di tahun 2013 dari seluruh dunia. Kita bisa memanfaatkan hal tersebut untuk meningkatkan trafik pengunjung blog kita.

Kita hanya perlu sedikit kreatif mengubah penggunaan situs pertemanan tersebut menjadi jalan masuk pengunjung. Trik yang bisa kita coba adalah mulai mengumpulkan teman sebanyak-banyaknya dan menyebarkan link promo ke dalam status update akun kita. Untuk membentuk imej profesional, buatlah akun resmi blog berupa fan page dan ajaklah teman sebanyak mungkin. Intinya, apapun jejaring sosial yang kita gunakan, semakin banyak orang yang melihat link kita, semakin besar kemungkinan terjadinya lalu lintas menuju blog milik kita.

Bergabung dan aktif dalam forum

Membuka topik baru terkait tema blog di forum merupakan metode lain dalam usaha mendatangkan visitor. Mulai dari forum regular sampai forum bertema khusus sudah banyak tersebar di Internet. Walaupun begitu, saya tidak menyarankan untuk bergabung dengan forum yang tidak memiliki tema terkait blog yang kita kelola. Dengan begitu identitas blog kita tetap terjaga.

Membuka topik baru juga perlu memperhatikan faktor penyampaian. Topik dengan judul menarik dan banyak dicari adalah topik yang paling sering dibaca dan mampu mnyumbangkan visitor. Selain judul topik, isi dari topik tersebut juga penting untuk diperhatikan. Kita tidak perlu menuliskan secara lengkap isi topik yang kita angkat, cukup dengan menuliskan sebagian maksud kita. Hal ini akan menimbulkan rasa penasaran sehingga pembaca akan berusaha mencari tulisan lengkapnya. Oleh karena itu kita perlu menuliskan link sumber di akhir isi topik.

Mencantumkan link blog pada aplikasi open source

Saya, atas nama pribadi pernah melakukan uji coba untuk mencari tahu seberapa besar trafik yang dihasilkan oleh link dari aplikasi open source. Pada waktu itu, saya memilih opera mini yang saya rubah namanya menjadi B-FrenzOP dengan maksud menghindari tindakan melanggar ketentuan. Opera mini merupakan aplikasi mobile browser paling populer di Indonesia. Itulah alasannya kenapa saya memilih opera mini. Perubahan yang saya lakukan adalah pada skin browser dan penambahan link yang menuju social network hasil buatan saya sendiri di lokasi yang mudah terlihat pengguna. Hasilnya, hanya butuh waktu 1 minggu, lebih dari 100 member telah saya dapatkan walaupun beberapa diantaranya merupakan akun nonaktif.

Uji coba tersebut setidaknya mampu menunjukan bahwa trafik juga bisa kita dapatkan dari cara ini. Walaupun jumlahnya tidak sebesar metode sebelumnya, saya rasa tidak ada salahnya memanfaatkan aplikasi open source untuk menambah angka trafik blog. Sebelum mulai menjalankan metode ini, saya sangat menyarankan untuk mempelajari lisensi opensource, bisa ditemukan di wikipedia (creavive commons), agar tidak menyalahi aturan yang berlaku.

Sebarkan melalui penanda sosial

Cara yang terakhir adalah menyebarkan link blog ataupun artikel melalui social bookmarking atau penanda sosial. Cara ini memang tidak se-efektif sebelumnya, tetapi banyak kalangan beranggapan dengan menyebarkan link ke dalam penanda sosial akan berdampak positif terhadap faktor SEO, yang artinya, kegiatan ini adalah bagian dari cara meningkatkan pengunjung blog yang pertama.

Ada banyak situs jenis ini, sebagian kecil sudah saya tuliskan di daftar 50 social bookmarking terbaru. Sebelum itu, saya juga pernah menuliskan 20 penanda sosial sebagai koleksi umum.

Tips dan cara meningkatkan pengunjung blog

Akhirnya kita sampai pada akhir pembahasan cara meningkatkan visitor blog. Tidak lupa saya sampaikan terimakasih untuk semua pembaca, semoga semua yang tersedia di tips dan trik ala Abie tidak menjadi sesuatu yang mengandung unsur negatif. Sebaliknya, saya harap apa yang sudah dan akan tertulis nanti menjadi sumber pengetahuan dan informasi.

Terlepas dari buruk baiknya karya, saya mengakui bahwa masih banyak kekurangan yang nampak pada apa yang saya perbuat. Semua itu tidak lepas dari hukum alam yang mengharuskan kita sebagai manusia untuk terus belajar. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca Tips dan cara meningkatkan pengunjung blog.

Baca juga : Inikah alasan kenapa lowongan kerja SEO semakin meningkat?

No comments:

Post a Comment