Friday, February 7, 2014

Tips menulis artikel berkualitas yang baik dan benar

Tips menulis artikel berkualitas yang baik dan benar

Tips dan Trik ala Abie - Penyampaian sebuah maksud melalui tulisan tidak terlepas dari penerapan bahasa yang digunakan. Hari ini, saya kembali hadir dengan mengangkat pembahasan yang mungkin menjadi kebutuhan para blogger. Pengetahuan dengan sedikit banyak anggapan bahwa untuk menulis sebuah artikel tidak diharuskan menguasai teknik penyampaian secara tulisan telah tertanam rapih dalam pikiran sebagian blogger. Memang tidak ada yang salah dengan argument tersebut, tetapi untuk kasus tertentu, penguasaan teknik menulis mutlak dibutuhkan dan tidak terkecuali untuk pembuatan konten tulisan blog (Artikel).

Hampir seluruh praktisi seo mengeluarkan pernyataan terkait algoritma google hummingbird yang merupakan algoritma keluaran terbaru milik mesin pencari google. Pernyataan tersebut adalah :

Google Hummingbird mampu memilah konten web berdasarkan kualitas. Artiya, kepuasan pengakses konten web tersebut menjadi prioritas utama, termasuk di dalamnya adalah interface dan bobot konten yang disediakan.
Jelas hal ini terkait pengoptimalan konten untuk mesin pencari. Apabila penyediaan konten tersebut lepas dari search engine, maka kualitas artikel bukan menjadi masalah yang harus diselesaikan.

Mempelajari teknik menulis artikel yang baik dan benar bisa dimulai dari membaca berbagai sumber bacaan bermutu, saya rekomendasikan untuk mulai mempelajari bahasa penyampaian dan gaya tulisan dari wikipedia. Di sana, seluruh konten atau artikel ditulis dengan struktur bahasa dengan penyampaian yang mendalam. Selain itu, situs berita juga bisa dijadikan acuan belajar menulis artikel blog. Walaupun singkat, artikel dari situs berita biasanya memiliki fokus tema yang kuat. Lalu apa saja tips menulis artikel berkualitas ala Abie?

tips menulis artikel berkualitas

Tips Menulis Artikel Berkualitas Yang Baik dan Benar

Tidak sedikit yang menganggap bahwa tidak ada teknik khusus untuk membuat sebuah artikel. Tentu saja hal tersebut tidak bisa disalahkan, pasalnya artikel memiliki banyak model dan peruntukkan. Beberapa model memang tidak membutuhkan keahlian khusus dan sebagian lainnya butuh kecakapan melakukan kegiatan tersebut. Sedikit contoh, artikel dengan kandungan marketing tentu membutuhkan keahlian menarik perhatian pembaca, menggunakan bahasa yang menjual dan lain sebagainya.

Untuk menguasai skill menulis, hal pertama yang harus dikuasai adalah :

  • Persiapan: Awal dari segala kegiatan adalah persiapan. Dalam menulis, persiapan merupakan aspek penting untuk menciptakan tulisan yang bermutu. Pemilihan tema, pengumpulan data dan pembuatan konsep merupakan inti kandungan dalam persiapan.
  • Penentuan bahasa: Hal ini terkait target pembaca. Penentuan bahasa adalah salah satu faktor yang ikut menentukan target pembaca selain tema utama artikel. Bahasa yang digunakan harus selaras dengan tema utama. Misalnya, berita ekonomi adalah tema terpilih untuk digunakan. Maka secara langsung atau tidak langsung kalangan eksekutiv telah menjadi target pembaca, dengan itu bahasa yang digunakan juga harus mampu mencakup kalangan eksekutif.
  • Pembuatan struktur atau alur cerita: Dalam sebuah artikel, alur cerita harus sesuai dengan bobot paragraf. Awalan, pembuka, isi tema utama, kesimpulan adalah contoh struktur alur artikel.
  • Kelengkapan isi: Komposisi artikel merupakan bagian yang tidak kalah penting dari penentuan tema. Sebenarnya bagian ini adalah part dari pengumpulan data. Referensi yang kita terima tidak harus selalu dari satu sumber referensi. Cobalah tilik wikipedia, mulai dari sejarah hingga kejadian akhir cerita semuanya tersaji. Hal ini menunjukan komitmen penyedia konten bahwa mereka membuat konten memang untuk kepentingan pengguna atau pembaca.

Mungkin beberapa tips tersebut belum sempurna, dengan kata lain masih ada beberapa tips yang belum tersampaikan. Bukan menjadi suatu masalah jika saya harus menuliskan kelanjutan atau tambahan tips berikutnya. Jika para pembaca memiliki gagasan atau tambahan tips bisa membuka diskusi melalui kolom komentar. Terimakasih telah membaca Tips menulis artikel berkualitas yang baik dan benar, semoga bermanfaat.

Baca juga : Ramnit Bukan Sekedar Virus Shortcut

No comments:

Post a Comment