Saturday, February 27, 2016

Bukan Tentang SEO, Tapi Tentang Blog Mati Suri

Bukan Tentang SEO, Tapi Tentang Blog Mati Suri

Bukan tentang SEO, tapi ini cerita awal tahun menyebalkan. Saya pikir benar, blog Tips dan Trik ala Abie harus memulai search engine optimization dari awal seperti baru terlahir. Trial and error yang belakangan Saya lakukan membuahkan Data penting bahwa blog yang mati suri selama berbulan-bulan akan terlupakan oleh semua mesin pencari. Terasa menyebalkan memang, dan celakanya blog ini mati suri saat Saya sangat membutuhkan kehadirannya di mesin telusur google. Apapun alasannya, tetap Saya coba hidupkan kembali nafas Tips dan Trik ala Abie. Ada banyak cerita yang Saya lalui bersama TTAB, mungkin blog TTAB adalah sahabat terbaik sejak ia tercipta. Sulit rasanya jika harus memulai dengan blog baru.

Awal tahun 2016 berjalan seperti seharusnya, hingga pada akhirnya sesuatu yang Saya anggap buruk terjadi. Sekian lama berpisah, Akhirnya Saya kembali pada rumah online sederhana ini. Tidak terawat, berantakan dan yang paling membuat Saya frustasi adalah pembaruan algoritma search engine jauh meninggalkan point SEO on page yang sedari dulu Saya rancang, menyedihkan.Teleportation seolah berlaku dengan hukum terbalik, bukan mengarah pada percepatan gerak laju kedepan, blog ini malah bergerak secepat cahaya ke belakang.

Apakah artinya Tips dan Trik ala Abie sudah berada pada jurang bertuliskan kata "TAMAT"? Tentu saja tidak, sukses adalah pemecahan segala permasalahan. Saya katakan bahwa tidak seharusnya Abie diam memperhatikan tips dan triknya terkubur bersama cerita yang sudah terukir manis. Search engine adalah robot, robot adalah susunan dua atau lebih algoritma sesuai fingsi masing-masing algoritma. Artinya, jika kita tahu bagaimana robot berkerja secara detil, maka bukan tidak mungkin blog yg mati suri ini kembali berlari.

Sebuah bentuk optimisme ini lahir karena kerinduan yang dalam akan persaingan ketat memperebutkan tahta tertinggi S.E.R.P (Search engine result page). Dunia persaingan dalam konteks positif adalah minat Saya, selaras dengan optimalisasi mesin pencari yang syarat akan persaingan. Banyak hal kompleks menjadikan SEO adalah game terbaik dari dulu hingga saat ini, terlepas dari penilaian orang lain, SEO bagi Saya adalah Sumber hiburan yang penuh dengan nilai nilai pelajaran.

seo blog mati suri

Tahun 2016 adalah tahun kembalinya tips dan Trik yang ditulis dengan khas ala Abie. Walaupun mungkin ada sedikit perubahan konsep, seperti:

  • Penambahan kategori
  • Gaya tulisan yang cenderung baku
  • Ruang lingkup review yang lebih luas
  • Lebih terkesan materialistis dengan beberapa iklan yang tampil
  • Artikel memiliki intermezo di tiap paragraf. Dan
  • Pembahasan sangat baru mubgkin akan ditemukan.
Perlu Saya jelaskan bahwa Saya memiliki kepentingan dibalik perubahan tersebut. Riset, analisa atau sebagainya adalah demi mendukung program jangka panjang yang mudah-mudahan bisa terlaksana dan bisa membawa manfaat bagi masyarakat luas.

Blog pribadi atau personal blog, karena sifat plublisher atau kontributor yang terbatas, menjadi alasan kenapa butuh ekstra perjuangan apabila ingin bersaing di halaman hasil penelusuran google. Berbeda dengan wikipedia, disana ada banyak kontributor serta tim editor untuk menjadikan konten mereka kaya manfaat dan tentu saja unik, itulah kenapa wikipedia mendominasi search engine result page.

Satu harapan Saya terkait search engine optimization adalah perubahan algoritma google tidak begitu signifikan, artinya tidak sepenuhnya berubah, hanya pada fungsi tertentu saja. Untuk mengetahui seperti apa perubahan yang terjadi tentu butuh riset yang mengarah pada inti permasalahan tersebut, bukan tentang seberapa canggih sarana yang kita gunakan, bukan tentang pc tablet dengan windows 8 atau hal lain yang sebenarnya bisa kita atasi dengan alternatif yg mudah. Saya percaya bahwa bukan tentang SEO, blog mati suri adalah blog terlupakan. Maka jawaban paling bijak untuk mengembalikan gairah hidup tips dan Trik ala Abie adalah kembali merawatnya semaksimal mungkin.

Terimakasih atas waktu luang yang telah digunakan untuk membaca, mempelajari, dan menilai salah satu artikel SEO ini. Sebelum Saya tutup, mungkin artikel kemarin yang Saya publikasikan tentang penyedia informasi bisnis indonesia dapat pula berguna untuk dibaca. Segala bentuk kekurangan adalah bentuk kesempurnaan, mohon maaf apabila terdapat satu titik yang mengganggu kenyamanan. Terimakasih dan sampai jumpa.

No comments:

Post a Comment