Wednesday, February 19, 2014

Ayo Jadikan Blog Sebagai Cara Meningkatkan IQ

Ayo Jadikan Blog Sebagai Cara Meningkatkan IQ

Tips dan Trik ala Abie - Menulis artikel di blog ternyata menyimpan banyak manfaat untuk diri kita, salah satunya adalah sebagai cara meningkatkan IQ kita. Dengan catatan, tulisan yang kita buat adalah hasil kreativitas pemikiran kita, bukan menulis ulang bahkan menyalin lalu menempelkan ke dalam artikel kita (copy paste). Bagi para penulis yang sudah mahir, pembuatan artikel tidak membutuhkan waktu yang lama, mereka hanya butuh 15 - 30 menit untuk sebuah artikel panjang. Sebaliknya, untuk pemula, mereka biasanya merasa kesulitan. Banyak faktor yang menyebabkan sulitnya menulis, misalnya konsentrasi yang sering menurun atau sulitnya memilih kalimat yang tepat ketika menulis artikel blog.

Banyak orang menganggap bloging hanya membuang-buang waktu tanpa manfaat sama sekali. Tidak demikian saya katakan, karena disadari atau tidak, penulis artikel blog telah mendapatkan banyak manfaat. Hal ini telah saya sampaikan dalam bentuk artikel yang dapat dibaca di apa saja manfaat ngeblog?. Untuk kali ini, saya mencoba menunjukan kepada semua pembaca bahwa blog dapat meningkatkan IQ kita.

Percayakah IQ dapat ditingkatkan dengan blog?

cara meningkatkan iq

Pernah mengikuti psikotest? Sebuah tes dengan berbagai macam pertanyaan logika. Terkait blog yang saya katakan mampu meningkatkan IQ, ternyata menulis artikel juga tidak jauh berbeda dengan menjawab soal-soal test IQ. Dasarnya adalah tuntutan kreativitas bagi penulis. Maksudnya, ketika hendak menulis, kita dituntut untuk menyediakan informasi atau menyampaikan maksud sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Secara tidak langsung hal ini memunculkan pertanyaan "Apa saja yang akan kita tulis?" dan setelahnya kita akan berusaha memecahkan pertanyaan tersebut.

Saya kira praktisi SEO sudah memahami hal tersebut. Bisa kita lihat artikel yang diciptakan oleh mereka, detil, unik dan mudah dipahami. Pada tahap inilah tingkat kreativitas kita dilatih, semakin detil dan unik artikel yg akan ditulis maka, semakin tinggi kreativitas dituntut. Dengan hal tersebut, secara tidak langsung kita telah melatih IQ. Simak tips menulis artikel berkualitas yang baik dan benar sebagai dasar pembelajaran menulis.

Apa saja faktor dalam blog yang menyebabkan peningkatan IQ

Seperti ulasan saya sebelumnya bahwa blog memiliki banyak manfaat. Apapun jenis blog yang digunakan, apabila dikelola sedemikian rupa, maka sedikit banyak memberikan dampak pada kecerdasan pengelola. Hal ini dikarenakan beberapa faktor. Faktor tersebut tidak jauh berbeda dengan pelatihan Intelligent Quotient, hanya saja dampaknya tidak sebesar pelatihan khusus untuk meningkatkan IQ karena konsepnya memang berbeda.

Menurut pakar dalam hal ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan IQ, msalnya olahraga secara teratur, makan makanan bergizi, melatih otak dengan berbagai macam permainan atau kegiatan dan lain sebagainya. Tidak jauh berbeda, dalam kegiatan bloging, kita dihadapkan berbagai masalah. Masalah inilah yang berperan dalam meningkatkan IQ. Apa saja masalah tersebut? Mari kita bahas.

Menemukan ide kreatif

Tuntutan untuk menemukan ide kreatif adalah permasalahan awal yang harus kita selesaikan. Faktor ini saya sebut sebagai bentuk dasar permasalahan utama. Terkait blog, hal ini bisa berupa menentukan dasar tema blog secara keseluruhan, tema artikel, gambar yang akan digunakan ataupun penentuan target pembaca.

Dengan rutin melakukan hal ini, secara tidak langsung otak kita dilatih untuk berpikir secara universal untuk menemukan ide baru. Selain itu, meningkatkan kreativitas otak juga termasuk manfaat yang terkandung di dalamnya. Saya kira dengan cara ini kita akan terbiasa memecahkan masalah secara logis, tepat, dan cepat.

Mengamati dan mempelajari hal baru dengan berkonsentrasi

Sebelumnya hal ini sering saya lakukan ketika mencari referensi sebagai bahan artikel yang akan saya tulis. Saat menemukan topik di luar pengetahuan saya dalam referensi yang saya temukan, terkadang saya tidak mampu memahami isi tersebut hanya dengan satu kali baca. Setelah beberapa kali baca, barulah saya memahami inti permasalahan pada referensi tersebut.

Mengamati dan mempelajari hal baru dengan berkonsentrasi akan memberikan berdampak pada peningkatan IQ berdasarkan kemampuan konsentrasi. Otak kita akan terlatih untuk menanggapi setiap hal dengan tingkat fokus otak lebih tinggi. Otak kita juga akan mampu mencerna hal baru dengan cepat dan tepat.

Layaknya bermain puzzle

Bermain puzzle dengan blog? Bisa? Saya jawab bisa. Blog adalah bentuk jadi dari kepingan-kepingan artikel atau konten. Dalam menyusun kepingan tersebut kita diharuskan melewati beberapa tahap seperti yang saya jelaskan tersebut, menemukan ide, mempelajari hal baru dan lalu menerapkannya.

IQ memiliki pemahaman yang luas. Bukan hanya tentang kecakapan berpikir, namun juga tentang menerapkannya. Berpikir logis adalah langkah awal bermain puzzle menggunakan blog.

Belajar konsisten tanpa menyerah

Kita gunakan blog sebagai sarana belajar menjadi sosok yang konsisten. Tidak jarang saya temukan seorang bloger berhenti di tengah jalan. Alasan yang sering saya dengar selain bosan adalah habisnya ide menulis. Sebenarnya banyak hal yang bisa kita tulis, bahkan hal di luar keahlian kita pun bisa kita tulis. Hal yang saya tekankan adalah jangan menyerah jika masih mau berusaha meningkatkan IQ.

Demikianlah pembahasan ini saya tutup. Semoga semua yang saya berikan menjadi nilai positif baik bagi saya pribadi maupun para pembaca. Tetap berusaha menjadi jauh lebih baik dan terima kasih telah membaca Ayo Jadikan Blog Sebagai Cara Meningkatkan IQ.

Baca juga : Ngeblog sebagai profesi utama, mungkinkah?

No comments:

Post a Comment