Friday, February 21, 2014

Inilah Tips dan Trik Pencarian Google yang Jarang Diketahui

Inilah Tips dan Trik Pencarian Google yang Jarang Diketahui

Tips dan Trik ala Abie - Setiap hari, ribuan hingga jutaan orang mengakses google search engine untuk mencari berbagai kebutuhan informasi. Dari sekian banyak pengguna, kurang dari 10% jumlah pengguna yang mengetahui bagaimana cara menggunakan google search engine dengan lebih efektif. Mereka terkadang menemui titik jenuh karena apa yang mereka temukan tidak sesuai dengan kebutuhan. Bukan karena google tidak terlalu pintar untuk mengerti maksud pengguna, tetapi kemampuan google dalam menyediakan informasi tidak dimaksimalkan oleh penggunanya.

Sebenarnya mesin pencari ini cukup pintar dan bisa diandalkan andai saja kita memberi input yang jelas. Menggunakan search engine pada saat ini sama halnya dengan bertanya kepada "manusia". Input yang jelas ini mengacu kepada maksud dan gambaran yang diberikan pengguna kepada google. Untuk lebih jelasnya, saya tuliskan tips dan trik google yang jarang digunakan.

Tips dan Trik Query Pencarian Google

tips trik google

Sebenarnya trik query google bukan hanya sebanyak yang akan saya tulis, masih banyak trik yang bisa digunakan sesuai kebutuhan pengguna. Contoh query yang tidak masuk dalam daftar trik google ini sudah pernah saya publikasikan sebagai trik mencari backlink dengan google dork. Disana saya jelaskan tips bagaimana cara memanfaatkan mesin pencari sebagai sumber ketika saya membutuhkan backlink.

Sesuai semboyan milik google "Ambil mudahnya" yang artinya, google memberikan kemudahan dalam mendapatkan informasi. sedikit saja saya tuliskan beberapa contoh kemudahan tersebut, adalah :

  • Query dengan kata sederhana: Jika kita mencari informasi lokasi, produk atau tempat tertentu, kita cukup mengetik nama, bisa juga disertai kode pos atau nama kota. Misal: "Rumah makan padang" atau "Rumah makan padang Jakarta", google dapat memberi kita cukup informasi.
  • Ejaan tidak perlu benar: Coba ketik "mooobil", secara otomatis detector ejaan berkerja dengan memilih ejaan yang paling umum digunakan dan menampilkan hasil pencarian dengan ejaan yang benar "mobil".
  • Tanda baca tidak dihitung: Mesin pencari berkerja dengan mengabaikan tanda baca seperti @#%^*()=[]\ dan tanda baca lainnya.
  • Huruf besar-kecil tidak berpengaruh: Maksudnya, ketika kita mencari "Kota Cirebon", hasilnya akan sama dengan mengetik "kota cirebon".

Semua itu memudahkan kita menemukan informasi yang sesuai dengan tetap mengedepankan efektivitas. Disamping itu, kepintaran mesin pencari ini dapat kita eksplorasi dengan beberapa trik. Inilah tips dan trik memaksimalkan kinerja google search engine.

Tips menggunakan search engine google

Gunakan tips ini untuk mendapatkan informasi berkualitas :

  • Gunakan tata bahasa yang tepat: Situs profesional pasti selalu menggunakan tata bahasa yang benar dalam memberikan deskripsi. Oleh karena itu, jika tata bahasa yang kita gunakan sebagai query penelusuran tidak sesuai, maka hasilnya berbeda dengan query yang memiliki tata bahasa benar. Contohnya ketika hendak berkata "perutku mual", maka ketiklah "perut mual", itulah kata yang sering digunakan oleh sumber informasi terpercaya.
  • Awali dengan query singkat: Penggunaan query singakat akan memperluas hasil penelusuran. Hal ini berarti kita memiliki banyak opsi jawaban. Mulailah menggunakan satu atau dua kata sebagai query, setelah itu saring hasilnya dengan menambah kata yang lebih spesifik. Contoh: "Letusan gunung", ini akan menampilkan hasil penelusuran terkait letusan gunung. setelah itu kita dapat menyaring dengan menambahkan kata "kelud" sehingga menjadi "letusan gunung kelud".
  • Gunakan kata yang deskriptif: Hal ini memperjelas maksud informasi yang ingin kita dapatkan. sebagai contoh, apabila kita mencari gambar animasi untuk komputer, maka gunakan "wallpaper animated for desktop", mungkin hasilnya jauh lebih baik daripada "gambar komputer".

Selanjutnya kita gunakan trik pencarian goole.

Trik pencarian goole

Trik ini sering saya gunakan untuk mencari informasi terbaru yang akurat. Tidak ada salahnya jika kita gunakan untuk kebutuhan kita masing-masing.

  • Menelusuri dalam situs tertentu: Untuk mendapatkan jawaban dari situs tertentu, cukup dengan menambahkan site:situs.com atau site:com setelah atau dibelakang kata kunci. contohnya kita ingin mencari kata kunci kamera di cerita-abie.blogspot.com, maka kita gunakan kamera site:cerita-abie.blogspot.com.
  • Menelusuri jenis file: Dengan google kita bisa menelusuri berbagai macam jenis file. PDF, mp3, xls ataupun PPT dapat kita temukan dengan cara menambahkan filetype: diikuti dengan format file. penulisannya adalah filetype:xls.
  • Menyertakan atau menghilangkan kata tertentu: Untuk menghilangkan kata atau item tertentu dalam hasil penelusuran, tambahkan tanda atau karakter - di depan kata yang tidak ingin kita masukan ke hasil penelusuran. Contoh: nasi goreng -cabai, contoh tersebut akan menghasilkan informasi terkait nasi goreng tanpa cabai.
  • Mencari halaman terkait: Gunakan trik ini apabila kita belum puas dengan apa yang kita dapat. Caranya, hanya dengan menambah operator related: yang diikuti dengan halaman url tertentu. misalnya: related:simplyrecipes.com/recipes/perfect_guacamole/.
  • Menelusuri rentang harga atau angka tertentu: Trik ini adalah salah satu trik favorit saya. Saya bisa mencari produk sesuai budget yang ada. Untuk menggunakannya, tinggal tambahkan .. (dua titik) diantara kisaran harga. sebagai contoh, saya akan mencari mobil dengan kisaran harga Rp10.000.000 sampai Rp50.000.000, maka saya ketik mobil Rp10.000.000..Rp50.000.000.
  • Konversi nilai atau angka: Selain mencari, google juga mampu mengkonversi nilai tertentu. Apapun ukurannya, google bisa melakukannya. Kita coba mengkonversi centimeter ke meter, maka kita tulis cm to m, sekarang kita tahu bahwa 1cm = 0.01m.
  • Mencari tahu waktu: Query ini berfungsi menginformasikan waktu di berbagai belahan dunia. ketik time lalu negara atau berserta kota, time italy.
  • Ketahui konversi mata uang: Kita bisa mengetahui nilai konversi mata uang terkini dengan mengetikkan mata uang 1 to mata uang 2. contohnya kita cari konversi mata uang USD ke pesos, coba ketik usd to pesos kedalam form mesin pencari google.
  • Mengetahui cuaca: Untuk trik ini kita gunakan penambahan kata weather diikuti nama kota. weather banda aceh adalah query yang digunakan untuk mengetahui cuaca terkini di kota Banda Aceh.
  • Mendapatkan informasi harga saham terbaru: Sekarang kita cari tahu berapa harga saham facebook sekarang. Mari ketik kode saham facebook fb, dan google akan menginformasikan berapa harga saham facebook. fb adalah kode saham milik facebook. Untuk google adalah goog.
  • Skor dan jadwal olahraga: Biasa saya gunakan jika saya ketinggalan informasi skor pertandingan sepakbola dan untuk mengetahui jadwal selanjutnya. cobalah gunakan Chelsea atau tim lainnya, akan muncul skor pertandingan terakhir dan jadwal pertandingan selanjutnya.
  • Melacak paket pengiriman: Msukan kode paket pengiriman UPS, FedEx, atau USPS ke dalam form query google lalu tekan enter, dan google akan mencantumkan status paket tersebut.
  • Mengetahui definisi kata tertentu: Tambahkan define: di depan kata yang akan kita cari tahu. contohnya define:senja adalah kata kunci yang akan menjelaskan kata senja.
  • Perhitungan matematika: Coba masukan perhitungan matematik 1+1= atau yang lebih rumit 198*3.13-cos(83)=, ternyata google mampu menjawabnya.
  • Temukan lokasi gempa yang baru terjadi: Informasi yang sangat penting terkait keselamatan kita maupun orang terdekat. ketik gempa untuk mengetahui lokasi gempa dari Badan Meteorologi dan Geofisika tentang gempa yang baru terjadi.

Artikel ini sebenarnya belum berakhir, masih ada beberapa trik google yang akan saya buatkan di artikel lanjutan. semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca Tips dan Trik Pencarian Google yang Jarang Diketahui.

Baca juga : Ayo Jadikan Blog Sebagai Cara Meningkatkan IQ

No comments:

Post a Comment