Wednesday, April 3, 2013

Inikah Rahasia Master SEO?

Berbagai macam tips dan trik seo telah menyebar se-antero jagad maya, namun sepertinya masih banyak ketidak puasan atau belum adanya artikel yang mampu memberikan kepuasan. Hari ini, cerita-abie.blogspot.com mencoba memberikan pandangan dari sudut berbeda. Sebuah pertanyaan mendasar tentang misteri SEO, "Sebenarnya rahasia apa yang disimpan oleh master SEO?" sampai saat ini belum ada rasa puas dari sekian banyak jawaban yang ada.

Pada tahun 2011, google menggemparkan dunia seo dengan merubah atau memperbarui algoritma mesin pencari yang diklaim sukses melakukan eliminasi website dan blog berkualitas rendah. Mereka juga mengklaim bahwa tidak ada trik tertentu yang bisa mengelabui algoritma terbaru google. Apakah semua itu benar? Mari kita bahas lebih dalam.

Webpage "Rendahan" di mata Google

Google melalui juru bicara tim web spam mereka mengatakan, Cloacking page, keyword stuffing, hiden text, link farming dan istilah lainnya yang dikenal sebagai black-hat technique merupakan perhitungan dasar kualitas halaman web. Entah bagaimana cara kerjanya, pada kenyataanya pernah saya temukan pada kontes SEO yang menggunakan tehnik cloacking bahkan sebagian peserta menjadi spamer dadakan. Apakah dia menang? Ya!.

Semua tehnik seo yang saya katakan itu tentu saja bukan rahasia, karena hampir setiap webmaster sudah tahu hal itu. Google juga tidak pernah mengatakan bahwa ada rahasia yang mampu mengantarkan suatu halaman web ke puncak tangga serp, bahkan bisa diartikan mereka mengatakan "Tidak ada rahasia".

Satu lagi karakter blog "sampah" adalah blog yang menyajikak konten tiruan. Dalam kata lain, konten yang dibuat dari hasil salinan. Kasus ini telah lama menjadi sorotan google yang pada akhirnya mereka membuat satu layanan keluhan untuk seluruh pengguna search engine google.

Rahasia yang bukan rahasia search engine optimization

Kembali saya katakan cloacking, spaming dan lainnya sudah bukan rahasia lagi. Dan kembali saya ingatkan, Google mengatakan Tidak ada trik rahasia yang mampu mengelabuhi algoritma mesin pencari. Jadi, berdasarkan beberapa fakta yang saya temui langsung di lapangan, memang benar "tidak ada trik rahasia karena rahasia tersebut sudah bukan rahasia lagi."

Analisa saya mengatakan, tehnik yang dianggap sebagai golongan hitam (Black-Hat) tersebut belum sepenuhnya "dibunuh" oleh pinguin atau panda, atau bisa juga mereka belum bisa mendeteksi web sampah. Yang sudah saya ketahui adalah mereka mengambil keputusan berdasarkan jumlah backlink dalam interval waktu yang sudah ditentukan (dalam kasus ini adalah spamer).

"Jika dalam sekian kurun waktu halaman web A mendapatkan backlink sekian ribu, maka halaman web A adalah halaman spam!", seolah seperti itu algoritma mereka bicara. Dari point ini dapat kita simpulkan bahwa tehnik blackhat seo masih punya pengaruh, tetapi lebih kecil dari pengaruh kualitas konten.

Tidak ada rahasia

Memang benar bahwa tidak ada yang tersimpan dalam seo. Semuanya sudah terbuka dengan jelas, tinggal bagaimana kejelian kita mengamati system yang dijalankan.

Yang terpenting bagi saya adalah apa yang menjadi pengetahuan saya bisa bermanfaat untuk semua. Saya rasa itulah inti kenapa kita mengejar nomer 1 di hasil penelusuran mesin pencari.

Terimakasih atas seluruh waktu dan perhatiannya. Saya rasa sudah cukup menjelaskan rahasia ini. Seo bukan tentang bagaimana mencapai page one, akan tetapi ilmu yang akan terus berkembang seiring perubahan yang juga akan terus ada.

No comments:

Post a Comment