Tuesday, September 25, 2012

Long tail keyword di judul artikel, apa dan seperti apa itu?

Long tail keyword pada judul, apa dan seperti apa itu?

Long tail keyword atau kata kunci panjang dengan penambahan beberapa kata untuk menambah nilai spesifikasi keyword pada judul artikel. Mudahnya seperti ini. Sebut saja kita berada pada posisi si pencari dan akan mencari produk Sepeda motor bebek injeksi kencang dan irit Jupiter Z1 melalui mesin penelusur seperti google dengan mengetikan kata kunci "Sepeda motor", maka akan ada banyak situs yang menyediakan sepeda motor tapi tidak seperti yang kita harapkan. Dan kita pun akhirnya melengkapi query menjadi "Sepeda motor bebek injeksi kencang dan irit Jupiter Z1" pada pencarian selanjutnya. Jadi definisinya, Long tail keyword adalah kata kunci yang diperjelas dengan menambahkan beberapa kata pendukung.

Kenapa harus long tail keyword

Sebenarnya tidak harus. Namun jika ingin bersaing maka ini harus. Cara ini juga yang banyak digunakan untuk menaikan posisi artikel blog mengingat persaingan dalam dunia maya untuk memperebutkan "tempat terhormat" search engin semakin ketat. Kita ketahui, keunikan konten juga berpengaruh pada posisi SERP (Search Engine Result Page), karena itu long tail keyword pada judul juga perlu untuk menambah keunikan kontent. Selain itu, artikel baru atau fresh article sangat disukai oleh search engine, dengan menggunakan kata kunci "berekor" panjang pada judul artikel kita, search engine akan menganggap artikel kita sebagai fresh article.

Seperti apa penulisan long tail keyword

Saya suka penulisan kata kunci kereta mini, kereta mall, komedi putar ya keretaminiku.com. Beberapa kata seperti "ya keretaminiku.com" memberikan kesan judul unik. Atau penulisan seperti PegiPegi.com : Booking Hotel Murah & Mudah di Indonesia. Kesan unik juga tampak karena adanya penulisan kata "PegiPegi.com :". Dari sini kita dapat membayangkan bagaimana bermain kata kunci untuk judul artikel kita. Intinya, penegasan, penjelasan atau penambahan fokus pada kata kunci yang akan diketikan si pencari merupakan hal yang harus diperhatikan dengan memposisikan diri menjadi si pencari.

Tips menuliskan long tail keyword

Sebelum menuliskan kata kunci unik dan panjang, ada baiknya kita lakukan beberapa tips yang sering Saya lakukan juga sebelum menulis artikel.

  • Cobalah mengetikan kata kunci yang digunakan sebagai target pada artikel yang akan ditulis. Dengan tujuan mencari judul artikel yang berbeda namun tetap satu tema.
  • Buatlah judul semenarik mungkin dari beberapa kata yang sering diketik pada mesin pencari seperti "apa itu, bagaimana, cara untuk, dll".
  • Tulislah judul yang membuat calon pembaca menjadi penasaran pada isi artikel saat melihat judul blog kita di hasil penelusuran.
  • Minimalkan kata atau karakter yang tidak penting. Mengingat batas karakter sebuah judul adalah 64 karakter termasuk spasi.
  • Letakan target utama di awal kalimat pada judul artikel.
  • Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa dilakukan untuk menciptakan judul artikel berkualitas dan efektif, karena waktu yang terus berjalan kencang, Saya hanya berikan itu saja sementara ini.

    Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk membaca artikel ini. Semoga dapat memberikan nilai positif untuk kita semua.
    Long tail keyword pada judul, apa dan seperti apa itu?.

    Baca juga: Menaikan posisi artikel pada SERP menggunakan metode all in one SEO article.

    No comments:

    Post a Comment