Sunday, March 2, 2014

Membuat akun email google

Membuat akun email google

Tips dan Trik ala Abie - Google sebagai portal layanan berbasis Internet telah menjadi pilihan utama pengguna Internet. Diantara layanan yang tersedia, gmail atau google mail merupakan layanan yang paling banyak digunakan sebagai titik awal mengakses seluruh layanan. Pada kesempatan ini, saya akan memandu Anda bagaimana cara membuat email dari google. Akun yang Anda buat ini, selain untuk mengirim atau menerima pesan dan dokumen, bisa juga digunakan sebagai akun untuk mengikuti panduan lengkap membuat blog gratis dengan platform blogger.

Panduan membuat google mail (gmail)

Panduan membuat akun google ini akan saya tuliskan secara rinci, sehingga akan memberikan kemudahan dan meringkas waktu yang Anda miliki. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mulai menyiapkan data diri dan informasi yang akan digunakan untuk membuat email google. Selanjutnya Mulailah dari awal.

Kunjungi mail.google.com

mail.google.com

Url tersebut adalah gerbang awal untuk mulai menjelajah semua fitur email. Untuk Anda yang sudah memiliki akun email google, Anda bisa langsung masuk menggunakan akun yang sudah ada dengan mengikuti tautan Masuk. Bagi yang baru akan membuat, klik tombol atau tautan Buat akun.

buat akun google mail

Setelah Anda mengikuti tautan Buat akun, Anda akan melihat form yang harus diisi sesuai dengan data diri dan pilihan Anda. Lihat gambar ini untuk lebih memahami form tersebut :

signup google mail

Keterengan:

  • Nama: Isi form ini dengan nama depan dan nama belakang.
  • Pilih nama pengguna Anda: Isi form ini dengan nama pengguna yang akan Anda jadikan sebagai alamat email. contoh: namasaya@gmail.com.
  • Buat sandi: Form ini bertujuan untuk membuat kata sandi atau passwords akun yang sedang Anda buat. Isilah sesuai kata sandi milik Anda.
  • Konfirmasi sandi Anda: Masukan ulang sandi yang sudah Anda buat tadi untuk mengkonfirmasi kecocokan kata sandi.
  • Tanggal lahir: Isi dengan data lahir Anda.
  • Gender: Pilih jenis kelamin (wanita/pria).
  • Ponsel: Isi dengan nomer ponsel Anda untuk menerima ferivikasi dari tim google mail melalui pesan singkat.
  • Alamat email Anda saat ini: Isi dengan Alamat email yang berbeda. Misalnya namasaya@yahoo.com.

Masih ada satu form lagi yang harus Anda isi, yaitu form untuk memferivikasi bahwa Anda manusia. ketikkan dua kata tersebut sesuai dengan gambar yang tersedia. Langkah terakhir adalah centang saya menyetujui persyaratan layanan dan kebijakan privasi googla lalu klik langkah berikutnya.

Verifikasi

verifikasi google

Gambar di atas adalah halaman yang Anda temukan setelah melewati beberapa langkah yang saya jelaskan tersebut. Pada halaman ini Anda harus mengisi nomor ponsel yang bisa dihubungi untuk menerima kode verifikasi google. Ada dua cara menerima kode verifikasi :

  1. SMS: kode dikirim melalui pesan singkat.
  2. Panggilan suara: Anda akan menerima panggilan dari google yang akan memberi kode verifikasi langsung melalui panggilan suara.

Setelah mengisi nomor ponsel, silahkan klik lanjutkan untuk menerima kode verifikasi pendaftaran.

Selanjutnya, setelah menerima kode yang dikirim oleh tim google mail, masukan kode tersebut pada form yang tersedia lalu klik Ferivikasi.

masukan kode verifikasi email google

Jika berhasil, Anda akan dibawa ke halaman pengaturan profil akun milik Anda. Pada tahap ini Anda bisa lewati dengan klik langkah selanjutnya. Setelah itu, halaman ucapan selamat datang akan nampak pada layar monitor Anda, artinya Anda sudah berhasil membuat akun email google. klik lanjutkan ke gmail dan Anda telah masuk pada halaman kotak masuk email Anda.

Dengan akun email google yang baru saja Anda buat, Anda bisa mulai membuat blog dengan platform blogger.

Artikel ini tersusun :

  1. Membuat akun google
  2. Membuat blog dengan platform blogger
  3. Mengenal berbagai fitur dashboard blogger
  4. Membuat posting atau artikel
  5. Memilih template blog
  6. Menambah element blog

No comments:

Post a Comment