Saturday, November 10, 2012

RBN - Tempat Diskusi Blogger Nusantara

RBN - Tempat Diskusi Blogger Nusantara

RBN - Tempat Diskusi Blogger Nusantara merupakan sebuah organisasi informal. Organisasi yang dibentuk sebagai wadah atau tempat diskusi para blogger nusantara. Tak kenal maka tak sayang. Walaupun sudah banyak yang mengenalkan RBN (cek melalui google), tidak ada salahnya jika Saya ikut mengenalkannya. Oleh karena itu, dalam kesempatan yang baik kali ini, Saya mencoba mengenalkan RBN (Republik Blogger Nusantara) melalui artikel yang sedang Anda baca sekarang.

RBN - Tempat Diskusi Blogger Nusantara

RBN - Tempat Diskusi Blogger Nusantara
RBN dibangun dalam bentuk grup di Jejaring sosial facebook. Cukup beralasan jika banyak komunitas yang memilih jejaring sosial sebagai tempat diskusi para blogger nusantara. Beberapa alasan pemilihan social network sebagai tempat berkumpul antara lain:

  1. Tidak terbatas jarak dan waktu (bisa berdiskusi kapan saja)
  2. Merupakan tempat yang mudah diakses
  3. Dan tentu saja kemungkinan bertambahnya anggota lebih besar
Oleh karenanya, tidak heran jika semakin banyak komunitas bermunculan melalui fasilitas yang disediakan oleh jejaring sosial.

Dalam keterangan info group Republik Blogger Nusantara, di sana tertulis bahwa RBN - Tempat Diskusi Blogger Nusantara tersebut tidak cocok digunakan sebagai tempat promosi, namun sangat cocok bagi siapa saja yang ingin mencari ilmu tentang bloging dalam kajian luas. Yang dimaksud kajian luas adalah siapapun dapat ikut serta dalam diskusi, topik pembahasannya pun seputar blog. Entah Blog SEO atau topik blog lainnya.

Lalu bagaimana jika kita tidak memiliki personal blog dan hanya memiliki website toko online seperti, toko baju online murah atau misalnya grosir sepatu murah, bolehkah bergabung dalam diskusi bersama blogger nusantara lainnya? Jika kita melihat keterangan grup RBN atau Republik Blogger Nusantara yang mengatakan bahwa :

Grup ini dikhususkan untuk para blogger yang sedang mencari ilmu serta mau membagi pengetahuannya. Dan grup ini bukan untuk promosi.
Dari keterangan di atas maka siapapun yang ingin mencari dan berbagi pengetahuan seputar bloging, maka diperkenankan untuk ikut bergabung dalam diskusi blogger nusantara. Hanya saja tidak diperkenankan untuk melakukan promosi.

Layaknya sebuah organisasi, maka sudah tentu memiliki peraturan yang harus dipatuhi di dalamnya. Tidak terkecuali Republik Blogger Nusantara, tempat diskusi ini juga memiliki ketentuan dan peraturan tersendiri seperti :

  1. Topik diskusi yang diusung adalah seputar blog, website, seo dan lainnya (Positive Topic, no sara, no spaming).
  2. Dilarang memberi komentar diluar topik pembicaraan (Out Of Topic).
  3. Aktif berkontribusi dalam grup.
  4. Tidak diperbolehkan mencantumkan live link (dalam komentar dan posting) yang bersifat promosi kecuali hari minggu.
Peraturan tersebut dibuat demi kenyamanan tiap anggotanya.

Sedikit penekanan ketentuan grup yang telah berjalan sampai saat ini bahwa :

  1. Sikap sopan dari tiap anggota RBN harus diterapkan dengan menggunakan kata-kata sopan.
  2. Pada hari minggu hanya dibolehkan mencantumkan 2 live link untuk menghindari link spaming.
  3. Dilarang melakukan tindakan yang memancing kemarahan member Republik Blogger Nusantara.
  4. Tidak diperbolehkan memberikan link porno, sara, kekerasan dan merendahkan orang atau grup tertentu.
Silahkan Anda baca dan pahami sebelum bergabung dalam tempat diskusi RBN.

RBN - Tempat Diskusi Blogger Nusantara

Sebagai penutup dari tulisan ini, Saya selaku admin dari blog Tips dan Trik ala Abie ingin mengucapkan terimakasih atas semua yang telah Saya dapatkan selama menjadi anggota Republik Blogger Nusantara. Kepada kawan-kawan yang telah mau berbagi lewat diskusi, baik yang dekat ataupun jauh, sudah kenal ataupun akan kenal, Saya telah belajar banyak dari kalian. Terimakasih sepenuhnya.
RBN - Tempat Diskusi Blogger Nusantara

Baca juga : Blog Baru Dapat Google Pagerank 4, Bagaimana Caranya?

6 comments: