Wednesday, November 21, 2012

Apakah Blog Anda Bermasalah? Ini Solusinya

Apakah kalian pernah merasakan kalau blog yang kalian miliki bermasalah dalam segi SEO? Saya pribadi pernah merasakanya, mungkin sebagian besar dari kita pernah juga. Sebenarnya postingan ini saya buat berdasarkan beberapa pertanyaan teman saya (Cholenk Shaputra) di artikel panduan membuat dan cara optimasi blog dan melalui artikel yang saya tulis saat ini, saya mencoba menjawabnya. Pertanyaanya seputar "kelainan" yang dirasakan teman saya tersebut di antara kedua blog yang dimilikinya.

Dalam kasus yang akan saya angkat pada artikel sekarang adalah kelainan atau perbedaan yang terjadi antara (Sebut saja) blog A dan B. Nah, di sini kita akan membandingkan 2 blog tersebut dengan mengurai masalah yang ada serta solusi untuk mengatasinya.

Masalah pada blog A dan solusinya

Ada beberapa keluhan yang terjadi. Dalam pertanyaan tersebut kurang lebih dikatakan seperti ini :

Setiap posting harus menunggu beberapa jam untuk terindex oleh google padahal sudah mendapatkan sitelink dari google, waktu aku coba cek pakai backlinkwatch itu ada beberapa backlink.
Sebelum saya jawab, saya ingin berterimakasih pada Cholenk Shaputra karena telah sukses membuat saya pusing. Haha (canda). :D

Baiklah, saya coba jawab sekarang juga. Jika blog tersebut masih dalam kategori baru (menurut google adalah kurang dari 90 hari), lalu artikel yang telah dipublikasinan harus mengantri berjam-jam menunggu giliran terindex, hal itu memang wajar. Saya pernah membaca dalam sebuah artikel SEO yang mengatakan bahwa untuk mendapatkan crawl rate yang stabil setidaknya membutuhkan waktu selama 90 hari setelah blog tersebut tercipta. Namun waktu tersebut dapat kita percepat dengan cara posting secara berkala. Idealnya satu artikel dalam jangka waktu antara 1 sampai 3 hari. Pengalaman saya mempraktekan itu melalui blog Tips dan Trik ala Abie ini, cuma sekitar satu bulan, setelahnya hanya dalam beberap detik saja artikel saya terindex.

Untuk backlink sebenarnya tidak terlalu memberikan pengaruh pada kecepatan index artikel. Coba praktekan dengan membuat satu artikel melalu blog yang sudah memiliki backlink tapi jarang atau sudah lama tidak posting, apakah artikel itu cepat terindex? Saya pikir tidak.

Masalah pada blog B dan solusinya

Pada blog B, sebenarnya agak kurang paham sama kalimat "untuk sitelinknya kok aneh malah menampilkan blogku lain sama about me aja". Tetapi menurut hemat saya, dasar pertanyaanya adalah kenapa artikel pada blog B lebih cepat terindex? Kenapa B belum mendapatkan backlink padahal waktu submit artikel selalu bersamaan dengan A? Sejalan dengan jawaban saya di atas, bahwa intensitas publishing article pengaruhnya sangat besar dalam hal kecepatan index. Namun disamping umur juga mempengaruhi, kualitas konten merupakan salah satu dasar yang digunakan google untuk menilai kelayakan artikel tersebut untuk masuk dalam list google. Ingat! Saat ini sistem kerja mesin pencari google diciptakan hampir menyerupai manusia, dengan kata lain seperti memilih artikel secara manual.

Masalah backlink pada blog B, sebenarnya sudah ada, hanya saja google berkerja secara sistematis. Walaupun memiliki sistem kerja layaknya manusia, tapi tetap saja di ciptakan dari program-program atau kode-kode rumit yang tidak bisa dipisahkan dengan kata robot. Sistematis maksudnya terprogram dan selalu mengikuti program tersebut. Salahsatunya, google tidak akan mengindex dua artikel dalam waktu berdekatan apalagi bersamaan.. Saya pernah memposting 2 artikel secara bersamaan (terjadi karena kesalahan jaringan internet), akan tetapi yang terindex hanya 1, dan itu adalah artikel yang pertama. Pada yang kedua butuh waktu beberapa jam bahkan hari untuk ikut terindex. Selain dari faktor tersebut, skala update backlink yang dilakukan google juga berbeda antara satu blog dan blog lainya. Mungkin karena itu blog B terlihat belum juga mendapatkan backlink.

Apakah blog Anda masih bermasalah?

Demikian artikel yang mewakili jawaban atas pertanyaan yang diajukan kepada saya. Semoga dapat sedikit membantu. Jika masih ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk bertanya, jika saya bisa maka akan saya jawab dan jika tidak maka akan saya cari jawabanya. :D
Apakah blog Anda masih bermasalah? Ini solusinya.

Baca juga: Seragam Kerja Kantor Murah di Surewi

5 comments:

  1. apakah dengan mengganti kata kunci, discription, judul blogs bisa membantu cepatnya terindek gi googlle search? terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mengganti judul blog, deskripsi dan lainnya itu sebenarnya gak menambah kecepatan index google.. Malah terkadang membuat posisi blog kita menurun di search engine google sampai blog kita kembali stabil.

      Delete
  2. salam, mohon bantuan, kok saya nga bisa meng upload gambar dari komputer ke blog ya (sebelumnya nga ada masalah). apa ya solusinya help me... :)

    ReplyDelete
  3. salam....mhn bantuan gan, sy buka entri baru diblog leptop saya tdk bs tp kalo pinjam teman bisa?...thx u.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naila sama Adham kayaknya sama aja masalahnya. coba cek setting browsernya, javascript n cookies aktif gak..

      Delete