Sunday, December 16, 2012

Teori Relativitas Ternyata Ada Dalam SEO

Seperti yang kita tahu bahwa teori relativitas adalah teori yang menjelaskan gelombang elektromagnetik bergerak pada kecepatan konstan tanpa dipengaruhi gerakan pengamat. Lebih mudahnya, "Kita tidak bisa mengatakan pohon itu besar atau kecil, tapi kita tahu bahwa pohon itu besar atau sebaliknya". Kenapa? Karena saat ada 2 pengamat pohon tersebut dan berada pada jarak yang relatif berbeda maka ukuran pohon itu pun berbeda pada hasil masing-masing pengamat.

Pada Search Engine Optimization (SEO) teori tersebut dibuktikan pada hasil pencarian google dimana hasil tersebut bersifat relatif. Coba bandingkan hasil dari google.com dan google.co.id, maka hasilnya relatif berbeda. Dalam hal ini google berperan sebagai pengamat dengan lokasi (IP) yang berbeda.

Teori Waktu pada SEO

Waktu memiliki sifat relatif dan tidak absolut. Pembuktiannya adalah pada saat kita berada pada kondisi nyaman maka waktu akan bergerak lebih cepat, dan sebaliknya. Pada saat ini, teori tersebut digunakan oleh google dalam menentukan serps, dimana waktu (Umur) blog tidak lagi memiliki pengaruh. Konsep teori waktu ini dalam SEO adalah penentuan posisi ialah dari "kenyamanan" konten. Maksudnya, jika konten tersebut memiliki tingkat kenyamanan baca melebihi konten blog lain maka konten tersebut akan berada di deretan atas hasil pencarian google tanpa perlu waktu yang lama.

Waktu dapat dipengaruhi dengan kecepatan cahaya. Menurut teori yang beredar, bahwa waktu dapat dipercepat atau diperlambat oleh kecepatan. Jadi jika kita mampu bergerak dengan kecepatan maksimum (Einstein : kecepatan cahaya) menetap, maka maktu dapat diperlambat atau sebaliknya.

Sekarang kita berbicara tentang waktu dalam dunia blog. Menurut beberapa sumber tentang cara kerja search engine atau mesin pencari google, mereka mengatakan "Blog dengan konten yang diterbitkan secara berkala (menetap dalam interval waktu) akan mendapatkan nilai lebih dari google." Nilai lebih yang Saya maksud adalah konten blog tersebut cepat terindex, dianggap fresh dan lain sebagainya.

Teori Gaya Gravitasi Dalam SEO

Gravitasi adalah gaya tarik menarik antar partikel yang memiliki massa. Hal itu mempengaruhi keteraturan. Misalnya gravitasi matahari yang menyebabkan benda-benda langit berada pada orbitnya masing-masing untuk mengitari matahari.

Kita kaitkan teori tersebut dengan SEO. Katakanlah kita mendasarkan Hukum Gravitasi Universal Newton pada pembahasan kali ini. Hukum tersebut mengatakan : "Setiap massa menarik massa titik lainnya dengan gaya segaris dengan garis yang menghubungkan kedua titik. Besar gaya tersebut berbanding lurus dengan perkalian kedua massa tersebut dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua massa titik tersebut" (Wikipedia).

Jadi saat konten blog kita memenuhi kriteria algoritma google yang selalu berubah (Kita asumsikan : F, G, m1, m2, r, g) dimana :

  • F = Besar gaya gravitasi antara kedua titik
  • G = Konstanta gravitasi
  • m1 = Besar massa titik pertama
  • m2 = Besar massa titik kedua
  • r = Jarak antara kedua titik
  • g = Percepatan gravitasi
Maka posisi konten blog kita akan relatif stabil.

Teori relativitas ada dalam SEO

Baiklah, Saya kira sudah cukup untuk saat ini. Mungkin nanti akan Saya lanjutkan bila ada yang bisa dilanjutkan. Terimakasih telah menyempatkan waktu dan salam hangat.
Teori Relativitas Ternyata Ada Dalam SEO

Apa Saja Manfaat Ngeblog?

No comments:

Post a Comment