Saturday, October 27, 2012

Blog SEO Friendly, Seperti apa sih?

Blog SEO friendly memang selalu menjadi dambaan bagi para bloger. Dengan memiliki blog yang seo friendly, maka potensi mendapatkan pengunjung semakin tinggi. Hal ini dikarenakan keberadaan search engine seperti (google, yahoo atau bing) menjadi kebutuhan tersendiri untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Lalu seperti apa kriteria blog SEO?

Kriteria Blog yang SEO Friendly

Sebenarnya kriteria ini selalu berkembang seiring perkembangan algoritma mesin pencari. Oleh karena itu, mengikuti berita tentang Search Engine Optimization akan dapat sangat membantu agar blog kita tetap memiliki skor SEO maksimal. Sesuai algoritma search engine (google) yang berlaku saat ini, maka kriteria blog yang disukai adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki tampilan yang sederhana
  2. Berisi konten berkualitas
  3. Frekwensi update teratur
Cuma 3? Secara garis besar, ya. 3 Faktor yang sangat penting diperhatikan jika ingin membangun blog dengan nilai Seo maksimal.

Tampilan yang sederhana

Mengapa Saya menempatkan faktor interface di urutan pertama?

Karena google saat ini lebih mengutamakan kepuasan pengguna. Kepuasan ini dapat diukur melalui Average Time (AVG) on site atau sederhananya seberapa lama pengunjung berada pada blog kita.
Tampilan sederhana maksudnya tidak rumit, enak dipandang dan tidak membingungkan (mudah diakses). Berikut Saya tuliskan beberapa tips untuk menentukan/membuat template blog agar maksimal untuk SEO.
  • Gunakan template yang minim penggunaan gambar
  • Memiliki navigasi
  • Menghindari penggunaan javascript dan flash (jika tidak terlalu diperlukan)
  • Struktur HTML yang teratur
  • Pada point struktur HTML, keteraturannya seperti:
  • Hanya pengandung satu tag header H1 di tiap halam tiap halaman
  • Setidaknya ada satu tag h2 dan h3 tiap halaman
  • Menggunakan semantic markup
  • Yang tertulis di atas merupakan faktor utama (menurut Saya) yang harus diperhatikan. Breadcrumb, readmore dan lainya dapat ditambahkan jika telah memenuhi faktor utama tersebut.

    Konten Berkualitas

    Content is the King. Banyak yang mengatakan seperti itu. Lalu seperti apa konten berkualitas itu?

    Konten yang dibuat secara natural dengan tujuan memberikan informasi sejelas mungkin kepada pembaca.
    Banyak artikel yang dibuat bukan untuk manusia, tp dibuat untuk robot (googlebot, yahoobot dll). Memang teknik tersebut sangat efektif untuk meningkatkan posisi SERP. Tapi itu dulu. Sekarang, jika ada blog dengan konten seperti itu, blog tersebut tidak akan mendapatkan tempat di google. Jadi, buatlah konten blog yang informatif.

    Frekwensi Publish Artikel

    Hal ke-3 yang perlu diperhatikan dalam membangun blog seo friendly. Hal ini juga mempengaruhi kecepatan munculnya konten pada search engine. Tips dari Saya, buatlah artikel secara teratur, akan lebih baik jika memiliki jadwal. Misalnya 2hari sekali atau minimal 1minggu satu kali. Tapi menurut Saya idealnya minimal 3hari 1x.

    Sekian saja untuk hari ini. Semoga dengan artikel ini, semangat belajar kita semakin meningkat. Terimakasih atas waktu luangnya.
    Membuat Blog Seo Friendly.

    Baca Juga: suarasepakbola.com tempatnya prediksi bola terakurat

    4 comments:

    1. kira kira blog saya seo tidak ya ??

      ReplyDelete
    2. oke juga mas informasinya :D sip lah

      ReplyDelete
    3. assalamualaikum makasih mas sudah berbagi tips seo sangat membantu ana

      ReplyDelete