Wednesday, September 12, 2012

Cara membuat jejaring sosial gratis dengan sharetronix

Cara membuat jejaring sosial gratis dengan sharetronix

Cara membuat situs jejaring sosial gratis - Jaman sekarang yang namanya jejaring sosial atau bahasa kerennya social network sepertinya sudah jadi gaya hidup, Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi tidak terhitung berapa kali mengunjungi situs jejaring sosial, tidak terkecuali yang bikin tulisan Cara membuat situs jejaring sosial gratis ini. Hehehe

Sebelumnya Saya sudah membuat artikel cara membuat situs jejaring sosial menggunakan jcow, Nah kali ini melalui blog Tips dan Trik ala Abie Saya ingin membagi cara membuat jejaring sosial dengan sharetronix dengan cara yang lebih mudah.

Membuat jejaring sosial dengan mudah menggunakan sharetronix

cara membuat jejaring sosial
Dikutip dari situs resminya www.sharetronix.com:

Sharetronix menawarkan solusi microbloging paling maju di pasar. Sistem ini benar-benar aman di belakang firewall, sangat mudah untuk menginstal dan memelihara, dan itu sangat disesuaikan dan user-friendly. Komunitas global kami adalah bukti bahwa tidak ada pesaing yang memiliki kemampuan microblogging lebih maju dari Sharetronix.
Ada tiga paket yang diberikan oleh sharetronix dan salah satunya yang sedang kita bahas di sini (yang gratis). Hehehe
Lanjut ke topik pembahasan cara membuat jejaring sosial menggunakan sharetronix.

Beberapa hal yang harus dipenuhi

Tidak banyak yang harus dipenuhi untuk membuat jejaring sosial dengan sharetronix ala Abie. :D karena kita akan membuatnya dengan bantuan autoinstaller, Jadi hanya diharuskan memiliki akun pada webhosting yang menyediakan sharetronix dalam autoinstallernya.

Lalu webhosting mana yang bagus untuk membuat situs jejaring sosial

cara membuat jejaring sosial
Sesuai tema pembahasan kita Cara membuat situs jejaring sosial gratis, jadi Saya rekomendasikan webhosting gratis yang Saya pakai juga. idhostinger memfasilitasi auto installer dengan script populer termasuk open source sharetronix. Jika belum menggunakan webhosting idhostinger, silahkan sign up terlebih dahulu dengan cara klik www.idhostinger.com dan ikuti petunjuk yang ada. Kita bisa menggunakan domain kita sendiri atau menggunakan subdomain yang disediakan oleh idhostinger.

Cara membuat social network dengan webhosting gratis

Setelah kita terdaftar dalam pengguna webhosting gratis, selanjutnya silahkan klik tab Control panel dan klik switch lalu kita akan dibawa ke menu control panel. Dalam menu control panel cari lalu klik Autoinstaller, setelahnya ada banyak pilihan open source yang dapat kita install pada webhosting kita seperti wordpress, phpBB dan lainnya. Kita pilih dan klik sharetronix sesuai tema membuat situs jejaring sosial gratis. Setelah itu kita dihadapkan dengan 3 form.

  • Install to
  • isi pada folder mana kita akan menginstall sharetronix. Contohnya jika kita ingin membuat situs jejaring sosial dengan alamat situs www.situskamu.com maka form tersebut kosongkan saja. Tapi jika kita ingin membuatnya dengan alamat www.situskamu.com/komunitasmu maka isi dengan komunitasmu.
  • Administrator username
  • Isi dengan username kita untuk login sebagai admin.
  • Administrator password
  • Isi dengan password kita untuk login sebagai admin.
    Selamat! Situs jejaring sosial kita telah sukses dibangun. Langkah selanjutnya adalah mengatur situs jejaring kita, tampilan, fitur-fitur tambahan atau yang lainnya.

    Oke, sekian dulu penjelasannya, jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk bertanya. dan terima kasih juga karena sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel Cara membuat situs jejaring sosial gratis.
    Baca juga: Kontes logo : cara lain cari duit online

    22 comments:

    1. WAW...menarik sekali sobat,,terima kasih sudah share tutorialnya. sekarang saya sudah berhasil membuatnya. jangan lupa gabung yah di: http://spidertuitz.org/spiderseven

      ReplyDelete
      Replies
      1. siap sob, semoga bisa bersaing sama jejaring sosial yang lainya. :D

        Delete
    2. Mau tanya ya bro. Membuat jejaring sosial jadi harus punya domain ya bro? Kalo pake subdomain tidak bisa bro? Btw, Kalo membuat jejaring soasil yang sekalian bisa upload atau submit artikel seperti lintas.me ada tidak bro alamat website toolnya? Terima kasih banyak.

      ReplyDelete
      Replies
      1. bikin jejaring sosial bisa juga pake subdomain, gak harus di domain utama. Kalau lintas.me itu masuk dalam kategori situs penanda sosial. Untuk bikin yang seperti itu bisa pake pligg or wordpress. Ini contoh buatan Saya b-seo.zz.mu dibuat dengan wordpress.

        Delete
    3. Ok gan mantab!!!!
      Gan, add me fb: Yondaime Hokage Link:https://www.facebook.com/dwi.sukses

      ReplyDelete
    4. kalok membuat social network khusus buat para pegawai perusahaan khusus di seluruh indonesia bisa gak ya??????????

      ReplyDelete
    5. nice info gan,ijin share kl buleh,sumbernya tak sertakan, :-)

      ReplyDelete
    6. Untuk Pengaturan Tampilan Gimana Mas Bro? Pake Software online apa ni enaknya?

      ReplyDelete
    7. Untuk software online sendiri, Saya belum tau, tapi dulu Saya atur tampilannya dengan edit css aja. Kalau butuh guide bisa akses http://developer.sharetronix.com/documentation/index.php/Template_construction

      ReplyDelete
    8. cara nambahin chat dan sebaginya gimana ya kak...?

      ReplyDelete
    9. mantep gan hasilnya...ngomong-ngomong untuk menkonfirmasi user baru caranya gimana gan??makasih banyak sebelumnya

      ReplyDelete
    10. ane udah buat gan, join di sa.pusku.com ya gan, sekalian bawa teman-teman agan untuk join. thanks.

      ReplyDelete
    11. letak kontrol panel nya dimana si bro? ane nyari2 kontrol panel nya gak ketemu-ketemu bro -_-

      ReplyDelete