Friday, March 25, 2016

Teknologi Baru lip-reading ini bisa menerjemahkan apa yang orang katakan melalui CCTV

Teknologi Baru lip-reading ini bisa menerjemahkan apa yang orang katakan melalui CCTV

Tips dan Trik ala Abie - Teknologi pembacaan visual yang dikembangkan oleh University of East Anglia di Norwich dapat digunakan untuk menentukan apa yang orang katakan dalam situasi di mana audio tidak cukup untuk terdengar cukup baik - seperti di rekaman kamera keamanan.

Teknologi pembacaan gerak bibir yang baru ini bisa membantu mengatasi kejahatan dengan mengartikan apa yang orang katakan dan tertangkap di CCTV, klaim peneliti.

Teknologi pengenalan suara visual yang dikembangkan oleh University of East Anglia di Norwich dapat digunakan untuk menentukan apa yang orang katakan dalam situasi di mana audio tidak cukup terdengar dengan baik - seperti di rekaman kamera keamanan.

Teknologi Baru lip-reading ini bisa menerjemahkan apa yang orang katakan melalui CCTV

Helen Bear, dari universitas ilmu komputer, mengatakan, teknologi itu dapat diterapkan untuk berbagai situasi dari mulai investigasi kriminal hingga untuk hiburan.

Dia menambahkan:

"Teknologi Membaca gerak bibir telah digunakan untuk membaca perkataan pemain sepakbola ketika berteriak pada saat situasi terpanas di atas lapangan, tapi mungkin akan digunakan paling praktis dalam situasi di mana ada tingkat tinggi suara, seperti di mobil atau cockpits pesawat terbang."

Baca juga artikel sebelumnya: Mendapatkan informasi pertannian.

"Teknologi Krusial, untuk sementara masih ada perbaikan yang harus dilakukan, sistem seperti itu bisa diadaptasi untuk digunakan untuk berbagai tujuan, Misalnya, untuk orang-orang dengan gangguan pendengaran atau gangguan berbicara"

Beberapa suara seperti "P" dan "B" terlihat mirip di bibir dan secara tradisional telah sulit untuk diuraikan, kata para peneliti.

Tapi sekarang mesin teknologi membaca-bibir dapat membedakan antar suara untuk menghasilkan terjemahan yang lebih akurat.

Co-creator Richard Harvey mengatakan:

"Membaca gerak bibir adalah salah satu masalah yang paling menantang dalam konteks kecerdasan buatan sehingga bagus untuk membuat kemajuan pada salah satu aspek rumit, aspek tersebut adalah bagaimana "melatih" mesin untuk mengenali penampilan dan bentuk bibir manusia."

Rincian tentang perkembangannya akan disajikan pada Konferensi Internasional di Shanghai, China, Jumat mendatang.

No comments:

Post a Comment